free counters

Selasa, 07 Juni 2011

Langkah-Langkah Mengubah File Pdf ke Word





Banyak cara untuk mengubah file pdf (portable document format) ke dalam file Ms Word (Doc, Docx). Diantaranya adalah bisa secara online ataupun offline yakni dengan menggunakan software.
Di postingan yang terdahulu, saya sudah menjelaskan bagaimana caranya untuk mengubah file pdf ke  word secara online yaitu dikonversikan melalui situs dengan cara upload file pdf dan download file word nya setelah dikonversikan melalui situs tersebut.
Dan sekarang saya akan memberitahukan bagaimana langkah-langkah mengubah file pdf ke bentuk word tersebut dengan cara offline yaitu dengan menggunakan software.
Berikut langkah-langkahnya :
  • Siapkan softwarenya terlebih dahulu. Yaitu: ABBY Pdf Transformer ( Bisa anda download disini), Microsoft Word ( Lazimnya 2003 dan 2007, karena saya belum nyoba di Ms Word 2010), dan notepad ( Klik Start – Program – Accesoris – Notepad). Sebelumnya anda harus mempunyai Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader dulu untuk bisa membuka file pdf tersebut. ( Saya sarankan Foxit Reader karena filenya lebih ringan)
  • Setelah file pdf itu bebas password, maka langkah selanjutnya adalah mengubah file pdf tersebut ke word. Yakni dengan menggunakan software ABBY Pdf Transformer tadi.
Buka terlebih dulu file pdf nya dengan meng-klik Open Pdf File
Setelah file pdf nya terbuka, selanjutnya pilih Transform ( Tanda panah)
Biarkan Proses tersebut berjalan sampai selesai, dan hasilnya akan terbuka dengan sendirinya apabila sudah selesai prosesnya.
  • Setelah hasil konversi tadi terbuka, maka anda bisa cek sendiri sesuai kebutuhan anda. Apabila anda memerlukan file yang utuh dan harus sama persis dengan file pdf nya maka anda harus mengeditnya terlebih dulu. Biasanya ini terjadi pada dokumen yang banyak tabel dan gambarnya, dokumen yang ada header footernya, dokumen yang berkolom, atau file pdf hasil scanan. Jadi disinilah usaha anda untuk mengeditnya. Tapi apabila dokumen tersebut hanya berisikan tulisan, biasanya hasil akhirnya juga rapi dan anda tidak perlu mengeditnya lagi.
  • Apabila anda diharuskan mengedit, pindahkan terlebih dahulu semua tulisan ke notepad dengan cara copy-paste lalu copy paste semua yang ada di notepad tersebut ke dalam ms word tapi dengan file yang baru.
  • Setelah itu anda atur margin, font atau page setupnya sesuai dengan keinginan anda. Gambar dan tabel dipindahkan juga sampai semuanya rapi.
Demikian langkah-langkah untuk mengubah file pdf ke dalam bentuk ms. word atau file doc/docx. Ini hanyalah dimaksudkan untuk membantu anda agar tidak mengetik ulang kembali. Dikarenakan file pdf itu tidak bisa langsung kita edit apabila ada sesuatu yang ingin kita ubah.
Semoga bermanfaat. Dan bagi anda yang ingin bertanya apabila ada yang kurang jelas, silakan di kotak komentar ^^

ayoooook kita coba......!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar