free counters

Minggu, 22 Mei 2011

DANAU MATANO..si danau purba yang sangat dalam.


DANAU TERDALAM KE- 6 DI DUNIA

danau Matano terletak di sisi timur Propinsi Sulawesi Selatan
berbatasan dengan propinsi Sulawesi Tenggara


Danau Matano terletak di ujung timur dari Propinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Terletak di sebuah komplek yang disebut "Sistem Danau Malili" yang memiliki beberapa danau, diantaranya : Danau Matano sendiri, Danau Mahalona, Danau Towuti ( merupakan yang terbesar ), Danau Masapi dan Danau Lantoa.


5 danau membentuk satu komplek bernama "Komplek Danau Malili"


MENYELAMI DANAU PURBA
Danau Matano merupakan danau terdalam ke-6 di dunia dan menjadi lokasi penyelaman yang unik. Di sini, kita dapat menjumpai ikan kecil yang berwarna-warni yang termasuk dalam keluarga Telmatherinidae. Sementara penduduk setempat menyebutnya ikan Opudi. Ikan jantan beberapa jenis ikan Opudi mempunyai warna-warna terang yang menarik mata. Sama seperti burung, mereka menggunakan warna-warna tersebut untuk menarik perhatian ikan betina.
Yang unik dari danau ini tidak hanya ikannya, akan tetapi misteri tembikar di dasar danau. Dulu tidak ada yang tahu tentang hal ini. Beberapa tahun yang lalu Sorowako Diving Club ( SDC ) memulai penyelaman di salah satu sudut danau, di antara 2 buah pulau kecil, sekitar 20-30 meter dari tepian.


Dasar danau yang keras dari batu dan air yang sangat jernih membuatnya sesuai sebagai lokasi penyelaman. Menurut beberapa penyelam, sangat jarang sebuah danau mempunyai jarak pandang yang baik untuk menyelam. Pada saat itulah ditemukan adanya pecahan-pecahan tembikar di dasar danau. Tembikar yang ditemukan adalah tembikar tanah liat dengan bentuk dan model yang cenderung seragam. Sayangnya belum ada peneliti ataupun ahli arkeologi yang melakukan penelitian terhadap penemuan tersebut.

Selain semua di atas, yang tidak terlupakan dari menyelam di danau Matano adalah airnya yang luar biasa segar. Ada beberapa mata air di desa Matano yang dipercayai sebagai sumber air danau Matano. Mata air ini sangat bening dan dipercayai oleh penduduk setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ada pula sungai yang disebut Kali Dingin. air yang dibawanya sangat dingin dan sangat jernih. Berhulu di pegunungan Verbeek dan bermuara di danau Matano. Bagi para ahli peraiaran air tawar, kesemuanya itu membuat danau Matano sebagai salah satu danau yang kandungan airnya paling murni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar